STANDAR PELAYANAN LABORATORIUM TERPADU

  • 19/Oct/2016
  • Admin
  • Layanan
  • 211051

Persyaratan Pelayanan

  • Membuat dan mengirimkan surat permintaan pengujian resmi dan proposal kegiatan kepada Kepala Balai Besar B2P2TOOT (langsung/via pos/via email/via faksimile)
  • Melakukan koordinasi dengan Kepala Seksi Pelayanan Teknis terkait kegiatan yang akan dilaksanakan
  • Membawa atau mengirimkan sampel pengujian sesuai prosedur yang ditentukan oleh laboratorium B2P2TOOT
  • Mengikuti secara penuh atau tidak pelaksanaan kegiatan dengan pendampingan dari teknisi sesuai kesepakatan
  • Membayar tarif penerimaan negara bukan pajak (PNBP) kepada staf pelayanan teknis sesuai tarif yang berlaku
  • Mengirimkan salinan laporan yang terkait pemanfaatan hasil kegiatan tersebut kepada Kepala Balai Besar B2P2TOOT (langsung/via pos/via email)

Jangka Waktu Penyelesaian

  1. Penentuan Kadar Air (metode toluol): 14 hari kerja
  2. Penentuan Kadar Susut Pengeringan: 7 hari kerja
  3. Penentuan Kadar Abu (total dan tidak larut asam): 14 hari kerja
  4. Penentuan Kadar Sari (larut air dan larut alkohol): 14 hari kerja
  5. Penentuan Angka Cemaran Mikroba (angka jamur (AJ) dan angka lempeng total (ALT)): 14 hari kerja
  6. Penentuan Kadar Zat Penanda (kurkuminoid, asiatikosida, androgapolid, sinensetin, flavonoid total): 10 hari kerja
  7. Skrining fitokimia: 14 hari kerja
  8. Penyiapan Ekstrak dengan Maserasi: 14 hari kerja
  9. Penyiapan Ekstrak dengan Perkolasi: 14 hari kerja
  10. Penyiapan Ekstrak dengan Sokletasi: 14 hari kerja
  11. Penyiapan Minyak Atsiri dengan Destilasi: 14 hari kerja
  12. Determinasi tanaman: 10 hari kerja

Biaya atau Tarif

Tarif layanan Rumah Riset Jamu mengacu pada PP No. 64 Tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak, yaitu:

  1. Penentuan Kadar Air (metode toluol): Rp. 70.000,-/sampel
  2. Penentuan Kadar Susut Pengeringan: Rp. 10.000,-/sampel
  3. Penentuan Kadar Abu (total dan tidak larut asam): Rp. 50.000,-/sampel
  4. Penentuan Kadar Sari (larut air dan larut alkohol): Rp. 70.000,-/sa,pel
  5. Penentuan Angka Cemaran Mikroba (angka jamur (AJ) dan angka lempeng total (ALT)): Rp. 150.000,-/sampel
  6. Penentuan Kadar Zat Aktif: Rp. 250.000,-/sampel
  7. Skrining Kandungan Kimia Tanaman: Rp. 15.000,-/sampel
  8. Jasa Pendampingan Penggunaan Alat Maserasi: Rp. 100.000,-/sampel
  9. Jasa Pendampingan Penggunaan Alat Sokletasi 20 gr: Rp. 60.000,-/sampel
  10. Jasa Pendampingan Penggunaan Alat Destilasi: Rp. 50.000,-/sampel
  11. Penetapan Indeks Bias: Rp. 25.000,-/sampel
  12. Determinasi tanaman: Rp. 15.000,-/sampel

Produk Layanan

  • Hasil pengujian laboratorium  (kadar air, kadar susut pengeringan, kadar abu (total dan tidak larut asam), kadar sari (larut air dan larut alkohol), angka cemaran mikroba (AJ dan ALT), kadar senyawa penanda (kurkuminoid, asiatikosida, androgapolid, sinensetin, flavonoid total), hasil skrining fitokimia, hasil determinasi tanaman)
  • Hasil penyiapan ekstrak dan minyak atsiri (maserat, perkolat, sokletat, destilat)

Sarana, Prasarana, dan atau Fasilitas

  1. Ruang tunggu, ruang diskusi, perpustakaan
  2. Toilet
  3. Komputer, printer, ATK, Hotspot/WIFI
  4. Laboratorium galenika, laboratorium fitokimia, laboratorium instrumentasi, laboratorium mikrobiologi, laboratorium farmakognosi
  5. Lemari reagen, lemari asam, refrigerator, freezer
  6. Alat-alat laboratorium (alat pengambilan sampel, alat gelas, alat analisis)
  7. Reagen Pengujian

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

Pengaduan, saran, masukan tentang pelayanan laboratorium terpadu dapat disampaikan ke Tim Pengaduan Masyarakat melalui:

  1. Datang langsung ke meja resepsionis di lobi gedung utama
  2. Online di web resmi B2P2TOOT : http://www.b2p2toot.litbang.kemkes.go.id/
  3. Mengirimkan email ke b2p2to2t@litbang.kemkes.go.id dan b2p2to2t@gmail.com
  4. Mengirimkan pengaduan ke halaman facebook : Balai Besar Litbang Tanaman Obat & Obat Tradisional (@SaintifikasiJamu) atau instagram : B2P2TOOT Tawangmangu (@b2p2toot_kemenkes)

Jaminan Pelayanan

  1. Pelayanan diberikan sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan
  2. Pelayanan diberikan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan
  3. Pelayanan diberikan sesuai dengan tarif pelayanan yang telah ditetapkan